Langkah – langkah membangun bisnis budidaya udang galah


Pada tahun 2015 indonesia di sebut sebut sebagai penguasa ekspor udang ke   negara Amerika Serikat . Berdasarkan  data perdagangan yang dikeluarkan oleh Pemerinat Amerika Serikat Maret 2015 Indonesia adalah negara yang menguasai pangsa pasa AS sebesar 22,7 persen dengan nilai devisa sebesar US $ 93,5 Juta. Komoditas udang unggulan Indonesia adalah udang vaname dan udang windu .

Meski demikian jenis udang air tawar udang galah juga mempunyai potensi yang tinggi untuk menghasilkan keuntungan besar. Hal ini yang mendorong mulainya para peterkanan udang mulai melakukan udang galah walaupun produksinya belum sebesar udang vaname dan windu. Tetapi dari tahun ketahun udang galah di Indonesia sudah mulai menunjukan perkembangan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini yang menyebabkan udang galah ini berpotensi ekspor karena udang galah mempunyai ukuran yang besar jika dibandingkan dengan jenis udang air tawar lainnya. Selain itu udang jenis ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi karena mempunyai banyak penggemar baik dari dalam negeri maupun luar negeri, seperti di beberapa negara Eropa dan Jepang.

Sumber : Arahewan 



Konsumen Udang Galah
Semuaorang pasti membutuhkan protein hewani untuk memenuhi kesehata tubuhnya. Udang galah salah satu sumber protein hewani. Sehingga jenis udang ini banyak diburu oleh penggemar kuliner udang. Namun karena nilainya yang tinggi udang dengan rasa gurih ini banyak di konsumsi kalangan menengah ke atas.





Memulai bisnis udang galah

Budidaya udang galah ini dapat anda mulai pada kolam atau tambak. Untuk menunjang keberhasilan budidaya udang galah maka kita membutuhkan teknologi yang benar - benar sesuai dengan kebutuhan budidaya dan juga sesuai dengan skala usaha yang dimiliki. Saat ini budidaya udang galah sudah meluas ke berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Untuk  memulai bisnis udang dalah harus  memperhatikan langkah-langkah cara budidaya udang galah berikut ini:

Sumber :Lipi 
  • Pilihlah lokasi usaha udang galah dekat dengan sumber air . Air  yang dibutuhkan adalah air yang memiliki pH 7,5 – 8,5  dengan suhu sekitar 24 – 32 derajat celcius. Oksigen yang terlarut minimal 3 ppm. Jangan menggunakan air yang sudang tercemar.
  •  Siapkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya udang galah. Seperti pH meter , termometer dan tes kit utuk mengukur kualitas air
  •  Sebelum budidaya olahlah tanah dasar kolam yang akan dipakai budidaya. Yaitu dengan me cangkul tanah, kemudian balikan dan keringkan tanah.
  • Setelah kering, lakukan pengapuran dengan dosis 150 gram /m2, kapur yang digunakan yaitu kapur dolomit.
  • Setelah pengapuran lakukan pemupukan dengan pupuk kandang dengan takaran 250 gram/m2 , pupuk urea serta TSP masing – masing sebanyak  5 gram / m2.
  • Pasang rumah – rumah tang terbuat dari potongan bambu atau sabut kelapa yang di susun dan di tusuk pakai bambu, atau bisa menggunakan daun kelapa. Tujuan pemberian rumah – rumah ini adalah untuk tempat berlindung udang galah saat moultimg.
  •  Isi kolam yang akan digunakan untuk budidaya udang galah dengan ini dengan air setinggi 80 cm. Pengisian air dilakukan beberapa hari sebelum penebaran benur (benih udang 
  • Sumber Info agribisnis
  • Tebarlah benur dengan kepadatan 10 – 20 ekor / m2


Keuntungan berbisnis

Prospek untuk usaha budidaya udang galah diprediksi cukup cerah kedepannya, karena jika kita bandingan dengan budidaya ikan air tawar maka budidaya udang jenis ini harganya relatif tinggi. Selain itu keuntungan  lainya adalah sudah banyak diekspor ke luar negeri seperti Jepang dan beberapa  negara Eropa. Keunggulan lainya adalah udang galah mempunyai cita rasa gurih dan manis yang banyak disukai pengemar kuliner udang.
Sumber :anmako.life
Hambatan Bisnis
Untuk memenuhi kebutuhan pasar tentunya sangat dibutuhkan cara yang tepat sehingga  budidaya udang galah ini akan menghasilkan produk yang melimpah dengan skala  yang besar dan waktu yang terukur. Akan tetapi setiap usaha yang dibangun tentunya ada hambatan yang nantinya harus di hadapi. Beberapa hambatan dalam usaha udang galah yang biasa kita temui adalah :
  •  Ketersediaan benih atau benur udang galah yang seringkali tidak berkelalanjutan
  • Perawatan yang kurang maksimal serta kualitas air yang buruk dapat menyebabkan  benih udang galah yang mati .

Sumber : Dian rinandar

Strategi Pemasaran

Untuk memasarkan udang galah para petani udang galah biasanya berkerjasama dengan para pelaku bisnis kuliner. Seperti bisnis katering, warung makan atau restoran –restoran seafood. Selain itu hasil panen udang galah biasanya akan diambil oleh pedagang – pedagang di pasar. Mereka lebih menyukai mengambil langsung ke petani karena harga belinya yang murah. Promosi dari muklut ke jugak efektef untuk mengenalkan bisnis udang galah yang kita bangun. Strategi lainya adalah dengan memasang plakat na dan informasi mengenai keberadaan usaha kita. Sehingga orang yang melintas mengetahui lokasi usaha tersebut .  kita juga dapat menggunakan media sosial atau online untuk mencakup pasaran yang lebih  luas lagi.
Sumber :  Dian Risnandar

Kunci sukses

Jagalah kualitas udang galah dengan baik dan selalu perhatikan bagamiana cara merawat udang galah dan kolam dengan baik dan benar. Lakukanlah perawatan secara rutin seperti pembersihan kolam, memeriksa kondisi air dan mngatur populasi  udang galah dalam kolam budidaya.  Dengan demikian diharakan resiko – resiko untuk kegagalan panendapat kita tekan, sehingga produk udang galah kita cukup memuaskan .
Demikian langkah – langkah dalam membangun usaha bisnis udang galah .  semoga bermanfaat.



Sumber :
  •       Teknik budidaya udang galah. Dinas Perikanan dan Kelautan Ciamis, 2007
  •        Info agribisnis .com
  •        Sumber lainya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGELOLAAN PRA PRODUKSI ; PENGAPURAN KOLAM BUDIDAYA IKAN