Strategi Pemasaran Produk Perikanan di Media Sosial atau Internet
Oleh : Dian Risnandar, S.Pi
Sebagai proses produksi yang komersial, maka pemasaran hasil perikanan
merupakan syarat mutlak yang diperlukan dalam pembangunan perikanan. Sistem
pemasaran yang berfungsi dengan baik, ditunjukkan melalui harga, kecendrungan
konsumen terhadap satu jenis komoditas dan nilai ekonomi yang menyertai
kecendrungan tersebut.
Strategi pemasaran atau bauran pemasaran (marketing mix) adalah alat
perusahaan untuk memperoleh respon yang diinginkan. Strategi pemasaran adalah
salah satu upaya untuk mengoptimalkan proses pemasaran. Prinsip pemasaran
adalah pencapaian tujuan suatu organisasi tergantung pada seberapa mampu
perusahaan/marketer memahami kebtuhan dan keinginan pelanggannya dan memenuhi
dengan cara yang lebih efisien dan efektif dibanding pesaing. Berangkat dari
prinsip tersebut, seorang pemasar pertama kali harus memusatkan perhatiannya
pada pelanggan untuk mencari tahu kebutuhan dan keinginan mereka. Jadi, dalam
hal ini kebutuhan dan keinginan pelanggan menempati titik sentral. Perusahaan
atau marketer harus paham betul kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Perlu
diingat kembali bahwa pelanggan adalah orangorang yang berkuasa untuk
memutuskan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Jadi, pelanggan
adalah bagian dari pasar, karena yang disebut pasar adalah pembeli itu sendiri
baik pembeli aktual maupun potensial. Pasar sangatlah beragam berarti keinginan
pembeli juga beragam. Fakta ini membuat perusahaan atau marketer tidak mungkin
memenuhi semua kebutuhan dan keinginan pasar.
Salah satu strategi pemasaran di bidang perikanan yang sedang
berkembang saat ini adalah melalui media internet, khususnya website di mana
saat ini sedang berkembang pesat. Website telah menjadi media penyebar
informasi yang cepat, luas, dan mudah diakses dengan biaya yang cukup
terjangkau. Hampir seluruh perusahaan kecil maupun besar saat ini telah
menggunakan website untuk melakukan pemasaran atau yang lebih dikenal
dengan istilah internet marketing (e-marketing). Komunikasi
pemasaran yang dilakukan melalui media online sering disebut dengan e–commerceyang
didefinisikan berbagai macam oleh para ahli. Secara umum e-commerce merupakan
cara belanja atau berdagang secara online yang memanfaatkan fasilitas internet
dimana terdapat Website yang menyediakan layanan “ get and deliver “.
Betapa pentingnya sistem pemasaran dalam segala usaha, termasuk usaha
pemasaran hasil budidaya ikan . Usaha akan semakin tandus dan tidak berkembang
dengan baik tanpa adanya marketing/pemasaran yang baik. Sistem marketing juga
dapat dipelajari seiring dengan berkembangnya zaman.
Target market adalah bagian pasar yang dijadikan sebagai tujuan pemasaran.
Perusahaan dapat mencapai tujuannya hanya kalau memahami kebutuhan dan
keinginan konsumen dan mampu memenuhinya dengan cara yang lebih efisien dan
efektif dibanding pesaing. Konsekuensinya adalah perusahaan harus memahami
betul siapa pasar sasarannya, sekaligus bagaimana perilaku mereka. Untuk
menemukan target market, ada empat kegiatan yang perlu dilakukan oleh
perusahaan yaitu
(1) mengukur dan memperkirakan permintaan;
(2) mensegmentasi pasar (market segementation);
(3) memilih pasar sasaran (market tergeting);
(4) menentukan posisi pasar (market positioning)
Dahulu pemasaran ikan hasil budidaya dilakukan secara langsung dengan pertemuan antara penjual dan pembeli, seiring dengan kemajuan teknologi, pemasaran hasil perikanan bisa juga dijual melalui internet. Sistem pemasaran yang tepat dan mutakhir sangat penting bagi keberlangsungan usaha budidaya ikan.
Pemasaran bisnis melalui internet (online) merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk perikanan dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah.Website menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai informasi produk kepada calon pembeli, sehingga para konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke tempat usahanya. Selain itu website juga menjadi sarana bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan melayani pembayaran secara online atau melalui transfer via bank.
Ada beberapa strategi pemasaran yang harus diterapkan sebagai pelaku
budidaya ikan.. Meningkatnya pengguna internet setiap harinya,
ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Saat ini, banyak
pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog, atau membuat akun di
Facebook, Instagram, maupun Twitter untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan
tersebut dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu cara dalam
melakukan pemasaran online.
Berikut adalah beberapa cara atau strategi pemasaran ikan secara online di internet yang dapat dicoba untuk bisnis ikan.
Riset
Barang dan Pasar
Strategi pertama sebelum melakukan pemasaran ikan nila secara online adalah
menentukan barang dan meriset pangsa pasar terlebih dahulu. Lihat persaingan
yang ada dan mulai memikirkan apakah Anda bisa menyediakan ikan nila yang lebih
baik dari yang sudah ada. Misal Anda ingin berjualan ikan nila, riset pasar
yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak peternak ikan nila
yang ada di sekitar lingkungan Anda, dan jika persaingan tidak terlalu ketat,
maka riset kedua adalah menanyakan kepada diri Anda sendiri apakah bisa
menyediakan ikan nila yang lebih baik (lebih murah, lebih sehat) dari pesaing
Anda tersebut ?
Jika Anda merasa tidak sanggup, maka sebaiknya Anda mundur, dan lakukan
riset untuk barang yang lainnya, karena jika Anda memaksakan untuk berbisnis
ikan, namun pesaing Anda memiliki barang (ikan) dan pelayanan yang lebih baik
dari yang akan Anda tawarkan, maka bukan untung yang didapat melainkan bisa
rugi.
Menggali Kebutuhan Konsumen
Dalam melakukan riset, tugas Anda bukan hanya mencari barang yang memiliki
keuntungan besar, melainkan Anda juga harus melakukan riset dan mencari tahu
kebutuhan konsumen. Sebagai contoh Anda menjual ikan nila (karena keuntungan
yang didapat besar), namun orang disekitar Anda lebih banyak yang memelihara
burung, maka sekeras apapun Anda mencoba menjual ikan mahal tersebut tidak akan
dibeli. Untuk itulah, mengetahui kebutuhan konsumen adalah hal terpenting.
Pemasaran yang dilakukan secara online tidak akan efektif jika Anda tidak
memiliki alat untuk memasarkan produk secara online. Salah satu alat yang bisa
digunakan untuk pemasaran adalah website. Website bisnis nantinya bisa Anda
gunakan untuk menampung semua informasi produk dan jasa. Untuk membangun
website, Anda harus membuat domain yang mudah diingat, agar nantinya pelanggan
bisa mengetikkan langsung alamat website Anda. Setelah itu buatlah website Anda
untuk masuk ke dalam peringkat atas mesin pencarian.
Rencana
Promosi
Rencana promosi tidak akan berjalan sesuai harapan jika Anda menjalankannya seorang diri. Agar berhasil dalam menjalankan rencana promosi yang sedang direncanakan, Anda memerlukan jasa dari desainer website, pengembang website dan jasa marketing yang ahli. Dengan menggunakan jasa yang mereka tawarkan, rencana promosi yang akan Anda lakukan akan lebih berhasil dibandingkan Anda menjalankannya seorang diri.
Pernahkah Anda mendengar strategi pemasaran dengan cara ini?, email
marketing sendiri adalah pemasaran dengan menggunakan email yang telah
mendaftar di website Anda. Dalam tampilan halaman website, pengunjung
akan disuruh untuk memasukkan alamat email yang valid agar ketika ada produk
baru, informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke alamat email yang sudah
terdaftar. Sampai saat ini, pemasaran dengan cara ini masih responsif. Oleh
sebab itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan cara ini.
Kelima cara pemasaran online di atas adalah secuil dari ilmu marketing yang
ada. Pada dasarnya, cara pemasaran online sangat luas dan beragam, bergantung
dari cara Anda sendiri dalam melakukannya. Jika Anda melakukannya dengan baik
dan sesuai, maka hasil yang didapat juga tidak akan mengecewakan.
Anda bisa menjual hasil panen ikan nila melalui iklan di internet sehingga
banyak khalayak umum yang mengetahui bahwa Anda memiliki usaha ternak ikan nila
yang hasilnya cukup besar. Sebagai pemula, Anda harus menjadi
pengusaha yang aktif dalam hal menjual hasil panen ikan
nila. Keuntungan yang akan Anda dapatkan tentunya juga cukup besar
jika dijual melalui internet. Anda bisa mengusahakan bisnis ikan
nila dari nol hingga meraup keuntungan yang sangat besar.
Perkembangan teknologi telah membawa pengaruh dalam penggunaan internet
sebagai media pemasaran produk. Penggunaan internet merupakan strategi
pemasaran yang dapat digunakan perusahaan. Dalam menghadapi arus globalisasi
serta perubahan-perubahan yang kerap terjadi, perusahaan diharuskan untuk dapat
memformulasikan alternatif strategi pemasaran pasca penggunaan internet.
Sumber : Tatang,
S.St.Pi /suksesmina.wordpress.com
Aan Supriatna/www.lalaukan.com
Komentar
Posting Komentar