Strategi Pemasaran Produk Perikanan di Media Sosial atau Internet

 


 

Oleh : Dian Risnandar, S.Pi

 

Sebagai proses produksi yang komersial, maka pemasaran hasil perikanan merupakan syarat mutlak yang diperlukan dalam pembangunan perikanan. Sistem pemasaran yang berfungsi dengan baik, ditunjukkan melalui harga, kecendrungan konsumen terhadap satu jenis komoditas dan nilai ekonomi yang menyertai kecendrungan tersebut.

 


Strategi pemasaran atau bauran pemasaran (marketing mix) adalah alat perusahaan untuk memperoleh respon yang diinginkan. Strategi pemasaran adalah salah satu upaya untuk mengoptimalkan proses pemasaran. Prinsip pemasaran adalah pencapaian tujuan suatu organisasi tergantung pada seberapa mampu perusahaan/marketer memahami kebtuhan dan keinginan pelanggannya dan memenuhi dengan cara yang lebih efisien dan efektif dibanding pesaing. Berangkat dari prinsip tersebut, seorang pemasar pertama kali harus memusatkan perhatiannya pada pelanggan untuk mencari tahu kebutuhan dan keinginan mereka. Jadi, dalam hal ini kebutuhan dan keinginan pelanggan menempati titik sentral. Perusahaan atau marketer harus paham betul kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Perlu diingat kembali bahwa pelanggan adalah orangorang yang berkuasa untuk memutuskan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Jadi, pelanggan adalah bagian dari pasar, karena yang disebut pasar adalah pembeli itu sendiri baik pembeli aktual maupun potensial. Pasar sangatlah beragam berarti keinginan pembeli juga beragam. Fakta ini membuat perusahaan atau marketer tidak mungkin memenuhi semua kebutuhan dan keinginan pasar.

 

Salah satu strategi pemasaran di bidang perikanan  yang sedang berkembang saat ini adalah melalui media internet, khususnya website di mana saat ini sedang berkembang pesat.  Website telah menjadi media penyebar informasi yang cepat, luas, dan mudah diakses dengan biaya yang cukup terjangkau. Hampir seluruh perusahaan kecil maupun besar saat ini telah menggunakan  website untuk melakukan pemasaran atau yang lebih dikenal dengan istilah  internet marketing (e-marketing).  Komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui media online sering disebut dengan e–commerceyang didefinisikan berbagai macam oleh para ahli. Secara umum e-commerce merupakan cara belanja atau berdagang secara online yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat Website yang menyediakan layanan “ get and deliver “.

 

Betapa pentingnya sistem pemasaran dalam segala usaha, termasuk usaha pemasaran hasil budidaya ikan . Usaha akan semakin tandus dan tidak berkembang dengan baik tanpa adanya marketing/pemasaran yang baik. Sistem marketing juga dapat dipelajari seiring dengan berkembangnya zaman.

 

Target market adalah bagian pasar yang dijadikan sebagai tujuan pemasaran. Perusahaan dapat mencapai tujuannya hanya kalau memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dan mampu memenuhinya dengan cara yang lebih efisien dan efektif dibanding pesaing. Konsekuensinya adalah perusahaan harus memahami betul siapa pasar sasarannya, sekaligus bagaimana perilaku mereka. Untuk menemukan target market, ada empat kegiatan yang perlu dilakukan oleh perusahaan yaitu

(1) mengukur dan memperkirakan permintaan;

(2) mensegmentasi pasar (market segementation);

(3) memilih pasar sasaran (market tergeting);

(4) menentukan posisi pasar (market positioning)

Dahulu pemasaran ikan hasil budidaya dilakukan secara langsung dengan pertemuan antara penjual dan pembeli, seiring dengan kemajuan teknologi, pemasaran hasil perikanan bisa juga dijual melalui internet.  Sistem pemasaran yang tepat dan mutakhir sangat penting bagi keberlangsungan usaha budidaya ikan.

 

Pemasaran bisnis melalui internet (online) merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk perikanan dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah.Website menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai informasi produk kepada calon pembeli, sehingga para konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke tempat usahanya. Selain itu website juga menjadi sarana bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan melayani pembayaran secara online atau melalui transfer via bank.

 


Ada beberapa strategi pemasaran yang harus diterapkan sebagai pelaku budidaya ikan..  Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Saat ini, banyak pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog, atau membuat akun di Facebook, Instagram, maupun Twitter untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan tersebut dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu cara dalam melakukan pemasaran online.

 Pemasaran ikan secara online melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui pemasaran online, informasi produk dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah-daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk.

Berikut adalah beberapa cara atau strategi pemasaran ikan secara online di internet yang dapat dicoba untuk bisnis ikan.

 

Riset Barang dan Pasar

Strategi pertama sebelum melakukan pemasaran ikan nila secara online adalah menentukan barang dan meriset pangsa pasar terlebih dahulu. Lihat persaingan yang ada dan mulai memikirkan apakah Anda bisa menyediakan ikan nila yang lebih baik dari yang sudah ada. Misal Anda ingin berjualan ikan nila, riset pasar yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak peternak ikan nila yang ada di sekitar lingkungan Anda, dan jika persaingan tidak terlalu ketat, maka riset kedua adalah menanyakan kepada diri Anda sendiri apakah bisa menyediakan ikan nila yang lebih baik (lebih murah, lebih sehat) dari pesaing Anda tersebut ?


Jika Anda merasa tidak sanggup, maka sebaiknya Anda mundur, dan lakukan riset untuk barang yang lainnya, karena jika Anda memaksakan untuk berbisnis ikan, namun pesaing Anda memiliki barang (ikan) dan pelayanan yang lebih baik dari yang akan Anda tawarkan, maka bukan untung yang didapat melainkan bisa rugi.

 

Menggali Kebutuhan Konsumen

Dalam melakukan riset, tugas Anda bukan hanya mencari barang yang memiliki keuntungan besar, melainkan Anda juga harus melakukan riset dan mencari tahu kebutuhan konsumen. Sebagai contoh Anda menjual ikan nila (karena keuntungan yang didapat besar), namun orang disekitar Anda lebih banyak yang memelihara burung, maka sekeras apapun Anda mencoba menjual ikan mahal tersebut tidak akan dibeli. Untuk itulah, mengetahui kebutuhan konsumen adalah hal terpenting.

 Membuat Website

Pemasaran yang dilakukan secara online tidak akan efektif jika Anda tidak memiliki alat untuk memasarkan produk secara online. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk pemasaran adalah website. Website bisnis nantinya bisa Anda gunakan untuk menampung semua informasi produk dan jasa. Untuk membangun website, Anda harus membuat domain yang mudah diingat, agar nantinya pelanggan bisa mengetikkan langsung alamat website Anda. Setelah itu buatlah website Anda untuk masuk ke dalam peringkat atas mesin pencarian.

 

Rencana Promosi

Rencana  promosi tidak akan berjalan sesuai harapan jika Anda menjalankannya seorang diri. Agar berhasil dalam menjalankan rencana promosi yang sedang direncanakan, Anda memerlukan jasa dari desainer website, pengembang website dan jasa marketing yang ahli. Dengan menggunakan jasa yang mereka tawarkan, rencana promosi yang akan Anda lakukan akan lebih berhasil dibandingkan Anda menjalankannya seorang diri.


 Email Marketing

Pernahkah Anda mendengar strategi pemasaran dengan cara ini?, email marketing sendiri adalah pemasaran dengan menggunakan email yang telah mendaftar di website Anda.  Dalam tampilan halaman website, pengunjung akan disuruh untuk memasukkan alamat email yang valid agar ketika ada produk baru, informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke alamat email yang sudah terdaftar. Sampai saat ini, pemasaran dengan cara ini masih responsif. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan cara ini.

Kelima cara pemasaran online di atas adalah secuil dari ilmu marketing yang ada. Pada dasarnya, cara pemasaran online sangat luas dan beragam, bergantung dari cara Anda sendiri dalam melakukannya. Jika Anda melakukannya dengan baik dan sesuai, maka hasil yang didapat juga tidak akan mengecewakan.

Anda bisa menjual hasil panen ikan nila melalui iklan di internet sehingga banyak khalayak umum yang mengetahui bahwa Anda memiliki usaha ternak ikan nila yang hasilnya cukup besar.  Sebagai pemula, Anda harus menjadi pengusaha yang aktif dalam hal menjual hasil panen ikan nila.  Keuntungan yang akan Anda dapatkan tentunya juga cukup besar jika dijual melalui internet.  Anda bisa mengusahakan bisnis ikan nila dari nol hingga meraup keuntungan yang sangat besar.

Perkembangan teknologi telah membawa pengaruh dalam penggunaan internet sebagai media pemasaran produk. Penggunaan internet merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan perusahaan. Dalam menghadapi arus globalisasi serta perubahan-perubahan yang kerap terjadi, perusahaan diharuskan untuk dapat memformulasikan alternatif strategi pemasaran pasca penggunaan internet.

 

Sumber :            Tatang, S.St.Pi /suksesmina.wordpress.com

                                Aan Supriatna/www.lalaukan.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGELOLAAN PRA PRODUKSI ; PENGAPURAN KOLAM BUDIDAYA IKAN